0

Review Lengkap Film Kingdom Live Action (2019)

Dunia perfilman Jepang kembali diramaikan dengan kemunculan Kingdom dalam bentuk live action. Kingdom atau dalam Bahasa Jepang disebut dengan キングダム (baca : kingudamu) merupakan sebuah film yang diadaptasi dari serial manga karya Yasuhisa Hara dan dipublikasikan oleh Shueisha. Film ini mengangkat genre petualangan dan aksi.

Kingdom live action telah tayang pada 19 April 2019 secara global. Didukung juga dengan peran dari Kento Yamazaki, Ryo Yoshizawa, Masami Nagasawa, Kanna Hashimoto,serta beberapa pemeran pendukung lainnya. Dalam durasi 134 menit, anda bisa menyaksikan kisah jaman perang di Cina.

Sinopsis

Xin adalah seorang yatim piatu korban perang yang dijual sebagai sorang budak di sebuah desa kecil. Di desa tersebut, ia berteman dengan seorang budak yang lainnya bernama Piao. Xin dan Piao tumbuh bersama dan memiliki sebuah mimpi untuk terbebas dari status rendahan mereka untuk suatu hari menjadi seorang jenderal besar. Suatu hari, Chang Wen Jun mengunjungi desa mereka untuk mencari tentara guna membantu raja Ying Zheng. Hanya saja yang diterima ternyata hanya Piao.

Beberapa hari kemudian, Piao muncul di rumah Xin dengan luka yang sangat parah. Piao memberikan peringatan bahwa saudara Ying Zheng, Cheng Jiao, telah memulai perebutan kekuasaan dan mendesaknya untuk pergi ke titik pertemuan yang ditandai pada peta yang diberikan padanya. Xin terpaksa melarikan diri karena desanya dibakar dan penduduk desa dibunuh oleh pasukan Cheng Jiao.

Pada titik pertemuan, Xin menemukan Ying Zheng, tetapi mereka disergap oleh seorang pembunuh. Xin menyadari bahwa Piao diterima menjadi tentara untuk menjadi tubuh Ying Zheng ganda karena memiliki kemiripan dengannya. Setelah si pembunuh terbunuh, keduanya melarikan diri melalui jalur gunung dengan bantuan dari Heliao Diao, seorang anak Suku Gunung yang telah menemani para bandit yang sebelumnya menyergap Xin.

Ketika ketiganya mencapai hutan bambu, mereka diserang oleh pembunuh lain. Meskipun menyalahkan Ying Zheng atas kematian Piao, Xin mengalahkan pembunuh itu, tetapi ia diracuni oleh salah satu anak panahnya. Ketiganya berlindung di sebuah resor musim panas kuno untuk membantu Xin memulihkan diri, sementara Xin mengetahui bahwa Piao secara sukarela mengorbankan dirinya untuk melayani Ying Zheng dan tentang persaingan sengit Ying Zheng dengan Cheng Jiao.

Sisa pasukan Ying Zheng akhirnya tiba di resor musim panas, termasuk Chang Wen Jun, yang sebelumnya dianggap telah dibunuh oleh Wang Qi. Pasukannya kalah jumlah dengan pasukan Cheng Jiao dari 80.000 tentara, sementara Ying Zheng mengakui bahwa Lu Buwei, satu-satunya orang yang bisa mengalahkannya, juga mengejar tahta. Pasukan Ying Zheng mencari bantuan dari Suku Gunung, mantan sekutu keluarga kerajaan Qin yang telah dikhianati berabad-abad lalu.

Dalam perjalanan, mereka ditangkap oleh Suku Gunung dan dibawa ke kepala suku, Yang Duan He. Yang Duan He memerintahkan Xin untuk dipenggal untuk menguji kesetiaan Ying Zheng. Namun ternyata pengabidan Xin kepada Ying Zheng tidak goyah. Dan karena hal ini Yang Duan He terkesan kepada perilaku mereka. Setelah itu Yang Duan He mengumumkan bahwa Suku Gunung akan bersekutu dengan kerajaan Qin lagi.

Pasukan Ying Zheng tiba di istana kerajaan yang menyamar sebagai bagian dari Suku Gunung. Pasukan ini berdalih akan membantu Cheng Jiao berperang melawan Lu Buwei. Jie Shi, penasihat Cheng Jiao, hanya mengizinkan 50 orang untuk masuk ke dalam. Dan hanya 10 dari mereka yang bisa bertemu dengan Cheng Jiao.

Saat sudah berada di dalam, Ying Zheng mulai melakukan serangan. Sementara Xin, Diao, dan Bi menggunakan lorong bawah tanah untuk mencapai ruang tahta dan membunuh Cheng Jiao. Kelompok Xin dicegat oleh Zuo Ci, mantan jenderal Ying Zheng, yang mengirim Lang Kai. Xin membunuh Lang Kai dengan bantuan Suku Gunung. Zuo Ci mengalahkan kelompok Xin ketika mereka mencapai kamar Cheng Jiao.

Ingatan Xin tentang Piao dan kepercayaan pada mimpinya sendiri mendorongnya untuk melanjutkan misi ini. Hingga Xin memutuskan untuk membunuh Zuo Ci. Dewan Cheng Jiao melarikan diri, tetapi Diao mencungkil mata Jie Shi dengan panah dan ditikam olehnya sebelum dia meninggal. Sementara Diao aman karena baju besi yang ia gunakan. Di sisi lain, Cheng Jiao memanfaatkan kondisi chaos ini untuk melarikan diri.

Di halaman, Cheng Jiao menghadapi Ying Zheng. Tak butuh waktu lama untuk mengalahkannya. Ying Zheng menyayangkan kondisi yang tidak seimbang ini. Namun, dia tetap memukulnya untuk menghukumnya atas penderitaan yang disebabkannya.

Wang Qi tiba-tiba muncul saat itu. Dalam kondisi tersebut, Wang Qi mempertanyakan kepada Ying Zheng  apa yang akan ia lakukan sebagai raja. Apabila jawaban Ying Zheng tidak memuaskan, maka ia harus berjanji untuk memenggal kepalanya.

Ying Zheng bersumpah bahwa ia berencana untuk mempersatukan Cina meski dalam keadaan Negara-negara berperang. Bahkan untuk memastikan rencananya bisa berjalan dengan baik, ia akan menggunakan seluruh kekuatannya untuk menjaga perdamaian dan menjamin hal tersebut di masa mendatang.

Puas dengan jawabannya, akhirnya Wang Qi memutuskan untuk bersekutu dengan Ying Zheng sekaligus memerintahkan pasukan Cheng Jiao yang tersisa untuk mundur. Dengan dimenangkannya pertempuran, Xin bersuka ria dalam kemuliaan menjadikan impiannya bersama impian sahabat karibnya, Piao, menjadi kenyataan.

Review

Film hasil produksi dari Sony Pictures ini telah memperoleh keuntungan yang siginifikan dengan hasil film yang cukup memuaskan. IMDb memberikan nilai sebesar 6,7 dari 10 dan Rotten Tomatoes memberikan nilai sebesar 93%. Penghasilan kotor yang diperoleh film ini sebesar 53,3juta yen atau setara dengan 0,5 juta dolar Amerika.

Film ini dibuat dengan efek dramatis yang sangat baik. Para penonton seakan-akan dibawa untuk menyaksikan perjuangan Xin secara langsung. Bahkan, atribut yang digunakan juga dibuat sangat realistis dengan jaman peperangan Cina tersebut.

Kingdom menjadi salah satu hasil live action yang memiliki penjualan terbanyak. Hal ini tentu dipengaruhi dengan popularitas Kingdom dalam bentuk manga maupun animenya yang sudah dibuat sebelumnya. Dan ternyata, adaptasi lanjutan dalam bentuk live-action tidak mengecewakan ekspektasi dari para penikmat film Jepang ini.

Antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, membuat film ini memiliki rencana untuk dibuat sequelnya. Pada 28 Mei 2020 lalu, telah diumumkan proses produksi sekuel lanjutan Kingdom ini. Akankah sekuel lanjutan Kingdom juga mencetak hits dan menghipnotis para penikmat film?

Sembari menunggu lanjutan Kingdom, ada baiknya bila anda terlebih dahulu menonton Kingdom live action yang telah tayang ini. Film ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kisah sejarah, petualangan, dan strategi perang. Dalam film ini terdapat makna tersirat untuk terus menggenggam impian dengan kuat sehingga suatu saat impian dan harapan tersebut bisa terwujud dengan cara yang bahkan tidak terduga sama sekali.

jonshon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *